BURUNG LIAR DAN FLU BURUNG

Pengantar Riset Lapangan Terapan dan
Teknik Pengambilan Sampel Penyakit

Panduan Produksi dan Kesehatan
Hewan FAO
No. 5

PDF
(800 KB - 145 pp.)



Food and Agriculture Organization of the United Nations & Wetlands
International - Indonesia Programme, Jakarta - 2008

Sebagai tanggapan terhadap penyebaran H5N1 secara geografis dan kematian yang ditimbulkannya pada burung liar serta sebagai tanggapan terhadap kekhawatiran bahwa beberapa spesies burung liar mungkin memainkan peranan dalam masuk dan menyebarnya virus H5N1 sepanjang jalur terbang mereka, FAO secara khusus tertarik untuk memahami interaksi diantara burung liar dan unggas peliharaan.

Dalam lingkup Pusat Darurat Penyakit Hewan Lintas Negara atau Emergency Centre for Transboundary Animal Diseases (ECTAD), FAO telah membuat Program Penyakit Satwa Liar (Wildlife Disease Program) untuk mendorong kerjasama dan aksi regional serta untuk meningkatkan pembangunan kapasitas regional dan nasional melalui pelatihan dan pendidikan ahli biologi, dokter hewan, ahli burung (ornithologist) dan lain-lain guna memadukan dengan lebih baik pemahaman terhadap transmisi penyakit di lingkungan yang terkena.

Untuk mendukung pekerjaan ini, pada tahun 2006 FAO menyusun suatu panduan berjudul Pelacakan flu burung patogenik tinggi pada Burung Liar – pengumpulan sampel dari burung yang sehat, sakit, dan mati (Wild Bird Highly Pathogenic Avian Influenza Surveillance-sample collection from healthy, sick, and dead birds).


Berbagai sebutan dan presentasi bahan-bahan dalam produk informasi ini bukan merupakan pendapat apa pun dari pihak Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai status pembangunan atau hukum dari suatu negara, wilayah, kota atau daerah atau para pihak yang berwenang, atau mencakup pengurangan pembatasan atas berbagai batas wilayah yang ada. Penyebutan nama dari beberapa perusahaan atau produk tertentu, baik yang sudah atau belum dipatenkan tidak berarti merupakan dukungan atau rekomendasi dari Organisasi Pertanian dan Pangan Perserikatan Bangsa- Bangsa. Berbagai pandangan yang diutarakan dalam penerbitan ini merupakan pandangan dari para penulis dan tidak mencerminkan pandangan dari Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa.

ISBN: 978-979-16412-1-0

Hak cipta dilindungi undang-undang. Reproduksi dan penyebaran bahan yang tercantum dalam produk informasi ini bagi tujuan pendidikan atau non-komersial lain diijinkan walaupun tanpa adanya ijin tertulis terlebih dahulu dari pihak pemegang hak cipta dengan catatan bahwa sumber informasi tersebut dikutip. Tidak diperkenankan untuk melakukan reproduksi dari berbagai bahan yang ada dalam produk informasi ini untuk dijual kembali atau untuk tujuan komersial lainnya tanpa adanya ijin tertulis dari pemegang hak cipta. Permohonan ijin tersebut harus diajukan kepada: the Chief, Electronic Publishing Policy and Support Branch, Communication Division (KCT), FAO, Viale delle Terme di Caracalla, 00153 Rome, Italy atau melalui e-mail kepada: copyright@fao.org

© FAO / Wetlands International - Indonesia Programme, 2008 (Bahasa Indonesian Edition)